Categories > Original > Drama

Kasus bjb yang Berhasil Dicegah

by chntiaagnes2587 0 reviews

Bank bjb menjadi salah satu bank pembangunan daerah yang terus mempertahankan tradisi sebagai bank yang selalu mendapat penghargaan dari KPK yang tercapat lepas dari kasus bjb korupsi. Penghargaan ...

Category: Drama - Rating: G - Genres: Drama - Published: 2018-05-08 - 1021 words

0Unrated
BANK BJB berkomitmen mengendalikan gratifikasi dalam menjalankan roda perusahaan. Berbagai upaya akan terus dilakukan untuk menjaga integritas perusahaan.
"Sejak 2011, kami telah bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi dalam program pengendalian gratifikasi dan perluasan laporan harta kekayaan penyelenggara negara. Kami bersyukur tahun ini bisa meraih penghargaan dari KPK," kata Direktur Utama BJB Ahmad Irfan, di Bandung, kemarin (Rabu, 13/12).
Selasa (12/12), bersama sejumlah badan dan lembaga, BJB mendapat penghargaan dari KPK, sebagai rangkaian dari kegiatan peringatan Hari Antikorupsi Sedunia di Jakarta.
Irfan menerima penghargaan bersama Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko Bank BJB Agus Mulyana.
"Penghargaan ini menjadi bukti bahwa BJB berkomitmen menjaga dan tidak melakukan praktik gratifikasi," lanjutnya.
BJB menjadi salah satu bank pembangunan daerah yang terus mempertahankan tradisi sebagai bank yang selalu mendapat penghargaan dari KPK. Penghargaan sudah diterima sejak 2012 hingga 2017 untuk sejumlah kategori.
Kemarin, KPK juga kembali menyambangi Kantor Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan untuk menanyakan komitmen rencana aksi pencegahan tindak pidana korupsi.
Hasilnya, koordinator KPK wilayah Sulawesi Selatan, Dwi Aprilia Linda, mengatakan pemprov sudah siap.
"Gubernur Syahrul Yasin Limpo menyatakan berkomitmen penuh, juga semua organisasi perangkat daerahnya. Lewat program e-planning dan e-budgeting yang terintegrasi, pencegahan korupsi terus dilakukan," kata Aprilia.
Dalam evaluasi, e-planning dan e-budgeting mampu mencegah praktik korupsi hingga 80%.
Program pencegahan lain ialah pengadaan barang dan jasa, perizinan satu pintu, manajemen SDM, dan penguatan inspektorat.
Dari Karawang, Jawa Barat, dilaporkan, kejari menggeledah Kantor Dinas Koperasi dan UMKM.
Penyidik tengah menelusuri dugaan korupsi revitalisasi pasar yang bernilai Rp900 juta, bantuan dari Kementerian Koperasi dan UMKM tahun anggaran 2013.
"Kami mengumpulkan dokumen keterlibatan pengurus Koperasi Serba Usaha Damai Sentosa, di Desa Tanjung Bungin, Kecamatan Pakisjaya. Dalam kasus ini, negara dirugikan hingga Rp170 juta," kata Kepala Seksi Pidana Khusus, Kejari Karawang, Deny Marincka Pratama.
Dalam penggeledahan, jaksa membawa 60 dokumen terkait. Penggeledahan dilakukan selama 3 jam.

Bank BJB meraih penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bertepatan dengan Hari Anti-Korupsi se-Dunia di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (12/12). Penghargaan diterima langsung Direktur Utama bank BJB Ahmad Irfan dan Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko bank BJB Agus Mulyana.
Menurut Ahmad Irfan, dengan perhargaan tersebut bank BJB bisa mempertahankan prestasi sebagai salah satu perusahaan yang dapat menjaga komitmen untuk pengendalian gratifikasi sebagai implementasi good corporate governance (GCG).Pada 2011, bank BJB sudah meneken komitmen bersama KPK dalam Program Pengendalian Gratifikasi (PPG) dan perluasan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).
"Ini dibuktikan dengan penghargaan KPK kepada bank bjb setiap tahunnya, baik di bidang gratifikasi maupun LHKPN," ujar Ahmad Irfan, dalam siaran persnya Rabu (13/12).
Beberapa penghargaan PPG dari KPK, menurut Irfan, antara lain penghargaan sebagai BUMD yang melaporkan gratifikasi yang menjadi milik negara denganjumlah laporan terbanyak pada 2012. Kedua, sebagai BUMN dengan total laporan gratifikasi terbanyak yang ditetapkan menjadi milik negara selama 2013.
Ketiga, kata dia, sebagai BUMD dengan Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG) terbaik pada 2014. KeempatBUMD dengan jumlah laporan gratifikasi terbayak dan tepat waktu pada 2014. Kelima,BUMD dengan Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG) terbaik pada 2015. Kelima, BUMD dengan sistem pengendalian gratifikasi terbaik pada 2016.
"Kami pun, pernah meraih penghargaan sebagai BUMD dengan sistem pengendalian gratifikasi terbaik pada 2017," katanya.
Selain itu, menurut Irfan, dalam bidang LHKPN sebagai berikut bank BJB pun pernah meraih penghargaan perluasan wajib lapor dan kepatuhan pelaporan LHKPN untuk kategori BUMD 2013. Kedua, pengelolaan LHKPN terbaik BUMD se-Jawa Barat pada 2016. Ketiga, penghargaan tingkat kepatuhan dan tingkat keaktifan pengelolaan LHKPN pada 2016 serta Lembaga dengan tingkat kepatuhan LHKPN terbaik pada 2017.

enghargaan diterima langsung Direktur Utama bank bjb Ahmad Irfan dan Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko Bank BJB Agus Mulyana
"Hal ini dibuktikan dengan penghargaan KPK kepada bank bjb setiap tahunnya, baik di bidang gratifikasi maupun LHKPN," ujarnya.
Adapun penghargaan di bidang gratifikasi yakni sebagai BUMD yang melaporkan gratifikasi menjadi milik negara dengan jumlah laporan terbanyak pada 2012.
Selanjutnya, sebagai BUMD dengan total laporan gratifikasi terbanyak yang ditetapkan milik negara selama 2013.
"Lalu, BUMD dengan Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG) terbaik tahun 2014," ujarnya.
Penghargaan Bank BJB Bidang Gratifikasi dan LHKPN
Bank bjb kembali mendapatkan penghargaan dengan jumlah laporan gratifikasi terbanyak dan tepat waktu pada 2014. "Pada 2015 bank bjb pun kembali mendapatkan penghargaan UPG terbaik," katanya.
Penghargaan berikutnya, sebagai BUMD dengan sistem pengendalian gratifikasi terbaik tahun 2016 dan 2017.
Di samping itu, di bidang LHKPN Bank BJB mendapatkan penghargaan perluasan wajib lapor dan kepatuhan pelaporan LHKPN untuk kategori BUMD pada 2013. Selanjutnya, pengelolaan LHKPN terbaik BUMD se-Jawa Barat pada 2016.
"Pada tahun yang sama kami pun mendapatkan penghargaan tingkat kepatuhan dan tingkat keaktifan pengelolaan LHKPN," katanya.
Terakhir, Bank BJB merupakan lembaga dengan tingkat kepatuhan LHKPN terbaik pada 2017.
Dengan diraihnya penghargaan itu, Bank BJB akan konsisten dan berinovasi tetap melaksanakan program pengendalian gratifikasi dan LHKPN.
"Kondisi tersebut dapat terus memberikan nilai tambah bagi pemegang saham dan kami menyadari pentingnya kedua program itu untuk menjaga kepercayaan pemangku kepentingan," katanya.

Sedikitnya ada 36 piagam penghargaan yang menambah koleksi bagi bank yang sudah melantai dibursa sejak 2010 ini. Terakhir, bank bjb mendapatkan penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai BUMD Dengan Sistem Pengendalian Gratifikasi Terbaik.
Komisi Pemberantasan Korupsi juga mengganjar bank bjb penghargaan sebagai Lembaga Dengan Tingkat Kepatuhan LHKPN Terbaik Tahun 2017.
Direktur Utama bank bjb Ahmad Irfan menyebutkan saat ini prestasi bank bjb tidak hanya dari sisi aset dan lagi, tapi juga permodalan yang kuat dan pelayanan terus meningkat. Kemudian dalam menjalankan bisnisnya, bank bjb senantiasa mematuhi peraturan yang berlaku dan selalu mengimplementasikan penerapan Good Corporate Governance(GCG) dengan baik. Penerapan GCG yang ketat ini sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah yang tengah memberntas korupsi.
”Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan bank bjb dengan mengedepankan prinsip kehati-hatian dan azas prudential banking,” ujar Direktur Utama bank bjb Ahmad Irfan.
Menurutnya, penghargaan yang diperoleh bank kebanggaan masyarakat Jabar dan Banten ini merupakan bukti nyata apresiasi dari pihak luar terhadap perkembangan perusahaan. Penghargaan yang selalu diraih bank bjb tidak terlepas dari sokongan dan kerja keras berbagai pihak.

Selain itu, bank bjb syariah anak usaha bank bjb juga mencatatkan prestasi cemerlang. bank bjb syariah baru-baru ini diganjar penghargaan Kategori Khusus sebagai Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang Sukses Melakukan Spin Off ke Bank Syariah dalam Anugerah Syariah Republika 2017 (ASR 2017), pada Rabu 6 Desember 2017.
Direktur bank bjb syariah, Indra Falatehan. Indra Falatehan mengemukakan penghargaan ini merupakan apresiasi dari pihak luar terhadap kinerja yang sudah dilakukan bank bjb syariah selama ini.
Dia menilai penghargaan ini juga sangat baik karena telah memberikan apresiasi dan perhatian kepada industri dan perbankan syariah sehingga bisa memotivasi untuk lebih baik lagi.
Sign up to rate and review this story